Jumat, 10 Maret 2017

CARA MERAWAT DAN MEMPERBAIKI KIPAS ANGIN

 A.CARA MERAWAT KIPAS ANGIN

1. Bersihkan secara berkala 

Hal ini memang sering ditinggalkan oleh para pengguna,memang agak sedikit ribet jika kipas angin harus dibersihkan,apalagi jika kipas angin ditempatkan di tembok yang sedikit susah untuk dijangkau,Nah mulai sekarang lepaskan malas,bersihkanlah kipas angin secara berkala.Dimulai dengan membersihkan baling baling dan pengaman baling baling,karena bagian tersebut sangat rentan ditempeli oleh debu.Lakukan ini secara berkala paling tidak seminggu sekali.

2. Bersihkan Dinamo Kipas Angin

Dinamo merupakan penggerak utama kipas angin,bagian ini memang agak tersembunyi dan tertutup oleh casing kipas angin,tetapi jika lama kelamaan tidak dibersihkan,debu akan masuk dan mengendap di dalam dinamo ini.Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner,dan menggunakan sikat gigi bekas agar debu lebih mudah tersedot dan menempel.Jangan membersihkan menggunakan air karena akan menyebabkan korsleting pada dinamo.

3. Cuci bagian yang tidak berhubungan dengan mesin

Bagian bagian yang terbuat dari plastik dianjurkan untuk dibersihkan dengan menggunakan air,agar kipas angin selalu bersih dan terawat.Bagian ini antara lain,Kipas,Baling baling,dudukan,stop kontak dan lain lain.

4. Nyalakan sesuai kebutuhan

Sebagian pengguna selalu menyalakan terus kipas angin meskipun tidak diperlukan,alasannya karena agar udara selalu sejuk dan sirkulasi lancar.Penggunaan kipas angin secara terus menerus akan menyebabkan dinamo cepat lemah dan bahkan bisa rusak,oleh karena itu gunakanlah kipas angin sesuai kebutuhan,Jika tidak ada orang matikanlah kipas angin.


5. Gunakan timer

Sebagian kipas angin sudah difalisitasi dengan timer,fungsinya adalah untuk mematikan kipas angin secara otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan.Biasanya ini berguna untuk anda yang tidur selalu menggunakan kipas angin,Settinglah timer 2 jam,sehingga disaat anda terlelap kipas angin akan mati dengan sendirinya.

6.Olesi pelumas dinamo

Bagian terpenting kipas angin yaitu dinamo,berikan sedikit oli/stempet agar laju dinamo lancar dan tidak cepat aus.Karena kipas angin yang anda miliki lama kelamaan akan aus karena sering berputar.Oleskanlah sedikit(stempet) agar laju dinamo tetap lancar.
B. CARA MEMPERBAIKI KIPAS ANGIN

1.Memperbaiki kipas angin yang Macet. Ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan
Biasanya, setelah macet terjadi, dinamo pada kipas akan panas sehingga membuat fuse kipas angin putus. Itu untuk kips angin yang dilengkapi dengan fuse. Namun, jika kipas tidak dilengkapi fuse (thermostat) maka akan terbakar.  Jadi, perbaikan kipas angin yang macet bila tidak ditangani dengan cepat akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah yaitu kipas angin yang mati total.

Macetnya baling-baling kipas angin biasanya disebabkan oleh bushing dan angker pada mesin kipas angin. Jadi untuk memperbaiki kipas angin yang macet, sobat harus membuka bagian mesin.

Kenapa bos (bushing) dan angker dapat rusak dan meyebabkan macet?

Berdasarkan pengalaman memperbaiki bos (bushing) dan anker yang rusak adalah karena adanya debu yang masuk pada bagian bos (bushing), atau juga karena salahnya pemberian pelumas pada kipas angin. Misalnya memberikan minyak rem atau stemplet. Sehingga membuat bushing rusak.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara pertama

Membersihkan bagian angker dan bos (bushing) dengan cara :
  • Buka bagian mesin kipas dan lepas bagian angker (ROTOR) kipas angin.
  • Jika sulit dibuka, jangan paksakan. Bersihkan dulu bagian angker tersebut dengan menggunakan hamplas halus kemudian buka secara perlahan-lahan.


Catatan
Jika memaksakan membuka bagian bos dan angker justru akan membuat angker bushing benar-benar rusak sehingga harus diganti
Memperbaiki kipas angin yang Macet. Ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan

  • Setelah terbuka, bersihkan bagian angker tersebut dengan menggunakan hamplas halus sehingga terlihat mengkilat.
  • Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bos (bushing)nya
  • Silahkan pasang kembali dan coba cek dengan tangan apakah angker sudah bisa berputar dengan lancar kembali atau belum. Jika belum lakukan cara kedua


Cara kedua

Mengganti bagian bos (bushing)

Penggantian bos (bushing) dilakukan jika melihat pembersihan bagian angker dan bushing sudah tidak bisa dilakukan karena bagian bos (bushing) mengalami kerusakan yang cukup parah

  • Buka bagian bos (bushing) yang berada di mesin kipas angin
  • Kemudian gantikan dengan yang baru
  • Coba cek kembali
  • Jika masih macet, kemungkinan besar adalah cara memasangnya yang tidak benar.
  • Jika masih sulit dan kesulitan memasang bagian mesin kipas angin silahkan baca panduan pemasangan mesin kipas angin yng benar : kesulitan memasang mesin kipas ngin? Baca, cara memasangkan mesin kipas angin yang benar agar lancar

Agar lebih paham bagaimana cara memasang bushing, silahkan dibaca : cara memperbaiki kipas angin yang macet dengan mengganti bos(bushing).

Selanjutnya

2.Memperbaiki kipas angin yang Tidak bisa bolak balik, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap diam ditengah atau samping

Pada umumnya, kipas angin dilengkapi dengan sistem mesin yang dapat berbolak balik, menengok kenan- kekiri sehingga memberikan udara yang merata pada seluruh ruang tempat kipas angin. Kipas angin tersebut juga dapat didiamkan saja dengan menggunakan pengaturan tertentu agar diam, bisa menggunakan tombol, bisa juga menggunakan tali, atau juga remot bagi kipas angin yang canggih.

Namun bagaimana dengan kipas angin yang tiba-tiba diam ditengah, tidak berbelok dan memberikan udara merata lagi?

Tuntu hal tersebut sangatlah mengganggu.

Bagi sobat yang hendak memperbaiki kerusakan kipas agin tersebut, Mari lakukan perbaikan dengan mengikuti tutorial ini :

Pada umumnya, sebuah kipas angin memiliki sebuah GearBOx yang didalam terdapat gigi yang mengatur atau mengayuh putaran cepat dari mesin angker menuju bagian leher kipas angin. Dengan gaya tersebut maka kips angin akan menengok keknan-kekiri.

Pada bagian gerabox sampai menuju leher kipas anginlah yang biasanya menjadi penyebab kerusakan ini. sobat dapat melihatnya langsung, apakah bagian lehernya yang patah, apakah bagian gigi gearboxnya yang sudah aus dan lain-lain.

Lihat gambar :
Memperbaiki kipas angin yang Tidak bisa bolak balik, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap diam ditengah atau samping


Bila sudah ditemukan letak kersusakannya, Sobat dapat membeli leher atau gearbox tersebut  ditoko-toko spare part kipas angin.

Namun ternyata kipas angin sobat tidak memiliki gearbox, namun motor kecil, ataupun sistem yang lain, yang aneh da sulit dimengerti. Baik karena pembahasannya akan sangat panjang, maka saya pisahkan saja pembahasan tentang memperbaiki kipas angin yang tida bisa menengok ini

Silahkan dibaca saja : cara terlengkap memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin


Selanjutnya

3.Memperbaiki kipas yang memiliki Putaran terlalu pelan, ditandai dengan angin yang kurang bertenaga

Kipas angin sobat tiba-tiba melempem, tidak bertenaga dan putaran baling baling sangat pelan, itu biasanya terjadi karena kerusakan pada kapasitor. Selain kapasitor, kerusakan seperti ini juga dapat timbul karena :
  1.  Dinamo kipas angin yang sudah jelek
  2. Karena macet
  3. Dan kapasitor
Maka, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan hal yang paling mudah untuk dikerjakan yaitu memeriksa kapasitor. Kapasitor biasanya terletak pada bagain mesin, berbentuk persegi panjang berwarna hitam.

Cara memeriksa kapasitor bisa dibaca : 3 cara cek kapasitor sehingga terlihat baik atau sudah rusak

Jika kapasitor sudah dipastikan rusak, maka ganti kapasitor dengan yang baru.

Untuk mengganti kapasitor tentu sobat harus membuka bagian mesin kipas angin tersebut. Silahkan dibuka.

Ganti kapasitor lama dengan yang baru dengan ukuran yang sama misalnya 1.2µ 1.5µ, atau 2 µ . jika tidak berhasil, coba gantikan dengan kapasitor yang lebih besar misalnya dari 1.5 mikro menjadi 2 mikro.

Kapasitor dapat dibeli ditoko elektronik atau toko refarasi kipas angin dengan kisaran harga 20 sampai 30 ribu. Atau yang murah dari 10 rb smpai 15 rb.

Silahkan coba cek dengan menghidupkan kipas angin tersebut

Jika cara diatas tidak berhasil, berarti kerusakan terjadi karena macet. Silahkan lakukan perbaikan dengan mengikuti judul Memperbaiki kipas angin yang Macet. Ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan

Jika masih belum berhasil juga, berarti kumparan pada kipas angin sobat sudah lemah dan harus digulung ulang. Silahkan pergi ke tempat gulung dinamo untuk melakukan rewinding motor listrik. 
Bisa juga berkunjung ke KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya


4.Memperbaiki kipas angin yang memiliki Tombol push botton pengatur kecepatan yang sulit ditekan

Sebelumnya, harus sobat ketahui, ada banyak sekali saklar (pemutus dan penghubung arus) yang digunakan pada kipas angin. Dari mulai yang biasa saja (yang ditekan), ada dengan yang menggunakan tali, samapai remote.

Kerusakan seperti ini cukup sering terjadi, apalagi pada kipas angin sobat menggunakan sistem tali untuk mengoper gigi atau menghidupkan dan mematikan kipas angin.

Kerusakan seperti ini sangat mudah diatasi. Dari semua tips yang saya berikan diatas, tips ini adalah yang paling mudah. Karena sobat hanya tinggal mengasih minyak pelumas misalnya minyak singer pada bagian saklar dan coba.

Dari 10 percobaan 8x berhasil. Sisanya gagal karena karat sudah benar-benar kuat sehingga harus diganti dengan spare partnya.

Jika kipas angin yang sobat gunakan menggunakan sistem tali, maka buat saja tali yang baru dengan menggunakan tali yang lumayan kuat agar tidak mudah putus.

Jika saklar kipas angin yang sobat sedang perbaiki menggunakan sistem modul atau rangkaian elektronika, akan sangat sulit diperbaiki. Sebaiknya bawa ketempat refarasi.

Bagaimana??

Mudah bukan.

Untuk perbaikian sebelumnya pada bagian 1 silahkan pergi ke bagian 1


Demikian artikel kali ini, semoga penduan lengkap memperbaiki segala kerusakan pada kipas angin listrik. Dari mulai yang mati total, macet, dan tidak bolak balik. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat sehingga membantu proses refarasi yang sobat lakukan
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar